Memilih Sikat Gigi Anak

Memberikan contoh kepada anak untuk merawat gigi sejak dini memang sangat penting agar buah hati anda bisa belajar untuk selalu memperhatikan gigi dan mulut secara mandiri. Hal itu perlu dilakukan, sehingga pada saat anak tumbuh dewasa nanti tidak banyak mengalami gangguan kesehatan gigi.

Kebiasaan atau perilaku anak yang buruk dalam memperhatikan kebersihan gigi dan mulut biasanya tergantung dari cara orang tua dalam pengenalan perawatan gigi secara baik atau pun buruk. Anak bisa menjadi malas membersihkan gigi dan mulut, malas dalam memperhatikan kebersihan alat gigi, dan malas untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut secara rutin dan berkala itu dikarenakan suatu alasan “di masa lalu” nya yang buruk. Hal tersebut harus diperhatikan oleh orang tua agar anaknya tidak mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut. berikut ini perhatiaan khusus orang tua terhadap anaknya dalam hal menjaga kesehatan gigi.


Memilih sikat gigi anak

Sikat gigi merupakan salah satu Senjata terpenting untuk menentukan kesehatan gigi anak. Dengan pemilihan sikat gigi yang baik dan sesuai dengan fungsinya berguna untuk membersihkan berbagai kotoran yang menempel di permukaan gigi balita.
Untuk pemilihan sikat gigi yang berkualitas baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Kepala sikat memiliki ukuran yang relatif kecil, sehingga dapat dengan mudah mengapai keseluruhan bagian gigi balita.
  • Panjang sikat gigi haruslah sesuai dengan ukuran mulut balita.
  • Sikat gigi harus terbuat dengan bahan yang lunak sehingga tidak dapat melukai gusi balita anda.
  • Pilihlah ujung sikat yang berbentuk sedikit bulat.
Baca Juga Artikel : Cara Merawat Gigi Berlubang

Agar sikat gigi bisa dapat berfungsi dengan bagus dan baik, sikat gigi harus lah dirawat dengan cara seperti berikut :
  •  Selalu bersihkan sikat gigi setiap kali setelah selesai dipergunakan.
  • Simpanlah dengan cara digantung agar bulu-bulu sikatnya cepat kering.
  • Apabila bulu-bulu sikat sudah mulai mekar atau mengembang, tidak lurus, dan mulai rontok atau sudah terlalu lembek(lunak), segeralah ganti dengan yang baru. Atau ganti sikat gigi balita nada jika balita anda baru sembuh dari sakit , agar tadap terhindar dari kemungkinan terinfeksi ulang dari bakteri atau kuman yang tersisa di bulu-bulu sikat gigi balita anda.
Dengan memperhatikan kebersihan alat dalam merawat gigi bayi dapat memberikan hasil yang maksimal terhadap kesehatan gigi dan mulut bayi anda. 

0 Response to "Memilih Sikat Gigi Anak"

Posting Komentar