Cara Merawat Gigi Susu

Merawat gigi susu anak sejak dini sangat lah penting. Biasanya pertumbuhan gigi susu akan dimulai pada saat anak berusia 5 – 8 bulan, tetapi terkadang ada sebagian anak yang pertumbuhan giginya agak sedikit lambat. Gigi susu memiliki peranan terhadap perkembangan rahang, otot wajah, dan pengunyahan semua itu merupakan guidance bagi posisi gigi tetap dikemudian hari.
Gigi susu yang tercabut terlalu cepat, bisa menyebabkan pertumbuhan gigi tetap menjadi miring dikarenakan gigi tidak mendapatkan ruang didalam rahang.

Berikut beberapa penjelasan mengenai cara merawat gigi susu anak :
  • Lakukanlah merawat gigi susu anak anda setelah gigi tersebut mulai tumbuh. Pada saat gigi masih belum banyak anda bisa menggunakan kain kasa yang dililitkan pada tangan anda. Lakukan setiap hari pada saat pagi hari dan sebelum tidur atau sehabis minum susu. Selain itu agar gigi balita menjadi bersih, hal ini juga dapat dijadikan kebiasaan balita anda untuk membersihkan giginya sejak usia dini.
  • Setelah gigi susunya mulai tumbuh agak banyak, anda bisa mempergunakan sikat gigi khusus anak, yang memiliki kepala sikat yang kecil dan juga bulu sikatnya yang halus.
  • Selalu perhatikan dengan benar dalam penggunaan pasta gigi. Sebaiknya penggunaan pasta gigi ketika anak berusia dua tahun atau sudah bisa mengeluarkan air ludah sendiri. Pada saat awal-awal anda menyikat gigi anak gunakanlah sikat gigi dan air saja, karena dalam menyikat gigi mekanisme gerakanlah yang terpenting.
  • Anda juga harus memperhatikan dalam pemilihian pasta gigi untuk anak anda, pilihlah pasta gigi khusus yang mengandung fluoride rendah, pada saat menggunakannya jangan terlalu banyak digunakan, anda cukup memberikannya kira-kira sebesar biji jagung.  
  • Sikat gigi anak anda secara lembut dan perlahan dengan gerakan memutar agar seluruh permukaan gigi tersikat. Jangan anda melupakan untuk menyikat lidah buah hati anda, karena dilidah merupakan sarang kuman dan bakteri yang meyebabkan bau mulut.
  • Gantilah sikat gigi anak minimal 3 bulan sekali, atau maksimalnya bulu sikat gigi sudah terlihat mekar.
  • Hal yang harus dihindari oleh orang tua terhadap kebiasaan anaknya adalah minum susu dengan botol sebelum tidur atau tertidur dengan botol susu masih ada dimulut. Kebiasaan ini dapat mengakibatkan gigi anak menjadi rusak karena dilumuri oleh susu yang manis dalam waktu yang cukup lama.
  • Usahakan melakukan kebiasaan balita anda minum susu menggunakan gelas minimal pada saat usianya satu tahun atau lebih.
  • Selalu bijak dalam memilih produk susu anak anda. Hindari susu yang memiliki kandungan gula tinggi, dan mengkonsumsi susu murni adalah yang terbaik.
  • Selalu kontrol asupan gula yang diminum balita anda. Selalu ingatkan untuk berkumur-kumur atau minum air putih setelah anak anda mengkonsumsi makanan yang manis-manis.
  • Ajaklah selalu buah hati anda setiap anda berkonsultasi ke dokter gigi. Selain mambiasakan buah hati anda dengan suasana di ruangan dokter gigi, hal ini dapat memupuk rasa keberanian buah hati nada kelak. INGAT jangan pernah sekali-kali anda menakut-nakuti buah hati akan dokter gigi, karena itu adalah awal dari rasa trauma anak  untuk datang ke dokter gigi.
Itulah penjelesan saya cara merawat gigi susu bayi, semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Merawat Gigi Susu"

Posting Komentar