Cara Merawat Gigi Berlubang

Cara Merawat Gigi Berlubang | Gigi adalah bagian tubuh yang sangat penting dan juga vital, mengingat peranan gigi sabagai alat untuk mengunyah/pelumat makanan. Kesehatan gigi pun sangatlah perlu untuk dijaga dengan sebaik mungkin, karena bagian tubuh ini (gigi) sangat sering terkontak langsung dengan kuman dan bakteri, kita tidak mengetahui makanan yang masuk kedalam mulut kita itu hygenis atau tidak, maka itu akan memicu terjadinya gangguan terhadap gigi.

Selain fungsi diatas gigi juga dapat mempengaruhi terhadap keistimewaan penampilan kita, sehingga sangat penting untuk dijaga atau dirawat kebersihan dan kesehatannya, apabila gigi kita mulai merasakan ada gangguan sebaiknya kita secepatnya melakukan tindakan perawatan yang lebih intensif. Apalagi jika gigi kita sudah terlanjur berlubang dan terasa linu dan ngilu yang terasa amat sakit. Artikel kali ini saya akan memberikan beberapa penjelasan cara merawat gigi berlubang, antara lain :
1. Hindari sejumlah makanan
Hal yang terpenting anda harus hindari dalam merawat gigi berlubang adalah menghindari makanan yang bersifat panas dan dingin, menghindari makan-makanan yang manis-manis, atau makan-makanan yang berbumbu kental seperti makanan yang bersantan. Jika anda merasakan gigi anda nyeri atau linu yang kambu-kambuhan di area mulut atau tepi rahang, cobalah periksa keadaan gigi anda dengan melihat didepan cermin. Jika anda menemukan gigi berlubang, segeralah anda menghindari makan-makanan yang disebutkan diatas. Menghindari tersebut dimaksudkan sebagai untuk perawatan gigi berlubang agar rasa nyeri atau linu tidak menjadi semakin parah, dibandingkan dengan saat anda merasakan sekarang.
2. Menggosok gigi secara benar dan rutin
Kebiasaan rutin ini merupakan cara yang sangat tepat dalam merawat gigi berlubang. Gigi berlubang mungkin diakibatkan anda melupakan kegiatan rutinitas mengosok gigi 2 kali sehari. Untuk pencegahan lubang bertambah besar dan bertambah semakin parah maka sangat dianjurkan untuk melakukan kebiasaan rutin ini(mengosok gigi). Maka dari itu agar gigi tidak berlubang, anda harus membiasakan untuk melakukan rutinitas gosok gigi di pagi hari setelah sarapan dan sebelum anda beranjak pergi tidur.
3. Penggunaan pasta gigi khusus
Untuk masalah gigi berlubang disarankan menggunakan pasta gigi khusus yang memiliki kegunaan untuk masalah gigi berlubang. Kalsium yang banyak dan xylitol yang terkandung dalam pasta gigi ini berfungsi untuk memperbaiki bagian gigi atau email gigi yang telah rusak dan berlubang.
4. Berkumur-kumur dengan air garam
Cara ini merupakan cara tradisional yang turun-temurun untuk merawat gigi berlubang, cara alami merawat gigi berlubang ini anda cukup dengan berkumur-kumur dengan air garam, cara alami ini merupakan pertolongan pertama apabila terjadi pembengkakan di area sekitar gigi. Anti-Bakteri yang terkandung dalam air garam bisa mengatasi penyebab gigi berlubang, anda cukup melarutkan satu sendok makan garam dengan segelas air hangat.

Baca juga artikel sebelumnya yang menjelaskan mengenai : Cara Merawat Gigi Agar Tidak Berlubang
Itulah penjelasan saya mengenai Cara merawat gigi berlubang, semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Merawat Gigi Berlubang"

Posting Komentar