Cara Merawat Gigi Palsu

Cara merawat gigi palsu harus perlu diperhatikan dan dipraktekkan dengan baik dan benar, bukan berarti setelah pemasangan gigi tiruan, masalah kesehatan gigi akan terselesaikan begitu saja. Justru kebersihan gigi dan mulut serta gigi palsu harus selalu diperhatikan dan dipelihara dengan baik. Apabila tidak melakukan perawatan gigi tiruan maka akan menimbulkan infeksi ataupun kerusakan gigi itu sendiri. Gigi tiruan yang tidak permanen tentu akan menyebabkan celah di antara gigi tiruan dan gusi, jika tidak dilakukan pembersihan dan perawatan gigi secara rutin, hal itu dapat menyebabkan masalah bau mulut yang diakibatkan oleh pembusukan sisa-sisa makanan.

Apabila anda baru pertama kali memasangan gigi tiruan, sebaiknya pemakaian gigi palsu dipasang setiap saat tidak terkecuali saat tidur dimalam hari. Apabila mulut sudah bisa beradaptasi dengan gigi palsu, barulah gigi palsu dilepas pada malam hari. Hal itu dapat bermanfaat untuk memberi kesempatan gusi beristirahat dan mencegah plat gigi palsu menutupi gusi dan jaringan saraf akibat terperangkapnya sisa-sisa makanan.  Cara merawat gigi palsu tidak sama halnya dengan cara merawat gigi yang asli. Rajin-rajinlah membersihkan agar perlindungan terhadap kuman atau bakteri. Sama halnya dengan merawat gigi asli, merawat gigi palsu anda harus memperhatikan perawatan gusi, lidah dan langit-langit sebelum pemasangan gigi tiruan.
Inilah beberapa cara merawat gigi palsu yang dapat anda lakukan dirumah.
  1. Saat melepas gigi tiruan atau gigi palsu, letakkan kedalam mangkok berisi air atau handuk agar menghindari supaya tidak putus dan jatuh.
  2. Simpan gigi tiruan atau gigi palsu kedalam cairan khusus pembersih gigi palsu atau air yang hangat selama 1 malam. Ingat jangan menggunakan air panas atau dibiarkan ditempat kering.
  3. Bersihkan gigi tiruan atau gigi palsu setiap hari. dengan membersihkan gigi tiruan atau gigi palsu dapat membantu mencegah gigi dari noda dan mulut pun akan tetap sehat. Bilaslah gigi tiruan atau gigi palsu untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel di gigi, gosok di permukaan gigi dengan lembut agar terhindar dari kerusakan. Gunakan sikat gigi khusus gigi tiruan atau gigi palsu yang berbahan bulu sikatnya yang lembut.
  4. Ganti gigi tiruan atau gigi palsu minimal lima tahun sekali.
  5. Sebelum memasukkan gigi tiruan kedalam mulut periksalah dulu gusi anda. Jangan dibiarkan gusi anda merah atau bengkak. Jika gusi mengalami kemerahan dan tidak kunjung hilang dalam beberapa hari, segera lah hubungi dokter gigi anda. Gigi palsu yang tidak pas juga mengakibatkan bercak putih dibagian dalam pipi.
  6. Berikan jeda waktu untuk mulut anda beristirahat terhadap gigi tiruan atau gigi palsu minimal enam jam pada setiap harinya.
Baca Juga Artikel : Cara Memutihkan Gigi Berbehel 

Itulah penjelasan mengenai cara merawat gigi palsu, semoga artikel ini dapat memberikan anda manfaat. Selalu konsultasikan dengan dokter gigi agar perawatan anda lebih maksimal.

0 Response to "Cara Merawat Gigi Palsu"

Posting Komentar