Cara Merawat Gigi Behel

Terlepas dari berbagai jenis behel gigi atau gigi kawat yang anda pergunakan, berikut ini ialah cara merawat gigi behel yang anda bisa lakukan dirumah:

Pakai sikat gigi yang khusus untuk orthodontik yang berbentuk kecil dan memiliki bulu sikat yang lembut. Anda dapat membeli di supermarket yang besar, di klinik atau di apotek.

Selain sikat gigi khusus tadi, anda juga perlu menggunakan sikat gigi tambahan yang kegunaannya untuk membersihkan sela-sela gigi, dikarenakan orang yang menggunakan behel atau gigi kawat biasanya pembentukan karang gigi akan lebih cepat terjadi.

Untuk perawatan gigi gunakanlah pasta gigi yang memiliki formula terlengkap agar dengan benar-benar melindungi dan juga merawat gigi secara lebih intens. Ada baiknya menggosok gigi dilakukan dua kali proses, proses yang pertama lakukan didepan cermen dengan tidak menggunakan pasta gigi terlebih dulu agar kotoran atau sisa-sisa makanan yang hendak dibersihkan bisa terlihat dan tidak terhalang oleh busa pasta gigi, setelah itu barulah gunakan pasta gigi saat menggosok gigi. Pastikan anda juga membersihkan lidah agar tidak menimbulkan bau mulut.

Setelah menggosok gigi gunakan perawatan gigi tambahan dengan menggunakan obat kumur atau jika ingin yang lebih baik lagi gunakan dental floss(benang gigi). apabila dilakukan secara rutin perawatan gigi behel di atas, maka pemakaian behel diawal masa bisa mencapai sekitar 20 menit.

Seperti halnya yang selalu di anjurkan menggosok gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari yaitu pada saat pagi hari sehabis sarapan dan dimalam hari sebelum tidur.

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C atau suplemen Vitamin C dikarenakan pengguna behel sering terkena sariawan yang disebabkan oleh goresan behel. Selalu siapkan obat sariawan yang dapat dibeli di klinik atau apotik, anda juga perlu menyiapkan lilin yang digunakan untuk menutupi bagian logam behel yang tajam. Selain itu juga perbanyak asupan Vitamin D dan Kalsium yang dibutuhkan oleh gigi.
Baca Juga Artikel : Cara Alami Memutihkan Gigi
Biasanya setelah check-up, gigi dan rahang akan terasa ngilu atau nyeri, terkadang juga akan terasa sakit dibagian dagu dan kepala dan yang paling parahnya anda akan demam. Hal ini disebabkan oleh terjadinya pergerakan gigi yang dapat mempengaruhi sistem syaraf. Jika perlu siapkan obat yang memiliki kandungan parasetamol agar dapat menghilangkan rasa sakit akibat behel.

Sebaiknya hindari makan-makanan yang terlalu keras. Apabila anda terlanjur memakan-makanan yang keras sebaiknya terlebih dahulu potong makanan itu dengan tangan, jangan langsung menggunakan gigi. jika memotong makanan langsung dengan gigi dapat mengacaukan proses pergeseran gigi, dan dapat menyebabkan bracket akan terlepas.

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan bagi anda yang menggunakan behel:
Hal yang Wajib Dilakukan
Beberapa hal yang wajib dilakukan oleh pengguna behel yaitu, Rajin-rajinlah membersihkan gigi setelah makan, selalu sediakan tusuk gigi. jangan lupa membawa sikat gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel dibehel gigi. Gunakan sikat gigi khusus yang memiliki bulu sikat lembut dan halus agar tidak merusak bracket saat melakukan perawatan gigi behel. selalu kontrol gigi anda sesuai jadwal yang sudah ditentukan dokter. Usahakan iris kecil-kecil makanan yang masuk kedalam mulut dan kunyah secara perlahan. Pasang sesuai petunjuk dokter gigi jika menggunakan head gear atau karet elastis.
Hal Yang Dilarang
Jangan mencoba menyetel atau melepas kawat gigi yang sudah terpasang, karena bisa mengubah susunan yang sudah ditetapkan. Hindari memakan permen karet atau permen yang keras, daging yang alot, keripik, kerupuk yang keras. Jangan mengutak-atik bracket sendiri yang terlepas atau kawat gigi yang menusuk gigi ini sangat berbahaya segeralah hubungi dokter gigi untuk menanggulanginya.

Itulah Penjelasan Mengenai Cara merawat gigi behel yang bisa disampaikan. Semoga bisa bermanfaatt.

1 Response to "Cara Merawat Gigi Behel"