Cara Merawat Gigi Bayi

Cara Merawat Gigi Bayi | Pada umumnya kelainan atau penyakit gigi pada anak adalah salah satu gangguan pada saat perkembangan atau pertumbuhan anak.
Orang tua harus bertanggung jawab untuk membersihkan gigi bayi sejak gigi susu mulai tumbuh. Walaupun gigi anak yang tumbuh itu merupakan gigi susu yang hanya sementara, namun kesehatan gigi susu juga dapat mempengaruhi terhadap kesehatan gigi anak di kemudian nanti.
Oleh karena itu, sebagai orang tua anda perlu mengetahui bagaimana merawat gigi anak sejak masih bayi dengan cara yang baik dan benar, agar kesehatan gigi dan mulut anak menjadi terjaga. Berikut ini merupakan cara merawat gigi balita anda :
Pertumbuhan gigi bayi memang dimulai sejak masih didalam kandungan, pada tepatnya sejak usia janin 4 minggu sampai lahir. Pertumbuhan gigi ini masih berlangsung dalam rahang dan tidak terlihat di luar.
Proses kemunculan gigi dipermukaan yang menembus gusi tidak bisa diukur berapa lamanya, bahkan sampai mana posisi gigi itu pun hanya bisa dilihat dengan foto rontgen. Namun pertumbuhan gigi susu biasanya muncul sejak usia bayi sekitar 6 bulan sampai 12 bulan, dan anak memiliki 20 gigi susu sampai usia 2 tahun.

Berikut ini penulis akan menjelaskan mengenai cara merawat gigi bayi dari usia 0 bulan sampai usia 24 bulan.

  • Cara merawat mulut bayi pada usia 0 - 6 bulan:

  1. Bersihkanlah gusi bayi menggunakan kain yang lembab, minimal dua kali sehari.
  2. Jangan dibiarkan bayi anda tidur sambil meminum susu dengan botol susu.
  3. Selau ingat untuk membersihkan mulut bayi menggunakan kain lembab sesudah selesai meyusui.
  4. Jangan tambahkan rasa yang manis-manis seperti madu atau bahan-bahan yang manis-manis kedalam botol susu
Baca Juga Artikel : Cara Merawat Gigi Susu

  • Cara merawat gigi dan mulut bayi pada saat usia 7 - 12 bulan:

Point kali ini sama dengan point diatas tetapi ada penambahan point lagi dikarenakan pada usia 7 bulan gigi susu pertama sudah tumbuh.
  1. Membersihkan mulut bayi dengan kain lembat sehabis menyusui adalah hal yang terpenting yang harus orang tua ingat.
  2. Jangan biarkan bayi minum susu dari botol pada saat tertidur,ada baiknya anda mengganti dengan air putih saja.
  3. Bila bayi anda ingin minum susu diluar jadwal minum susu sebaiknya berikan air putih saja.
  4. Pada saat gigi susu mulai tumbuh, mulailah anda melakukan pembersihan menggunakan kain yang lembab atau kain kasa.
  5. Bersihkan secara hati-hati dan teliti setiap permukaan dan batas antara gigi dengan gusi, karena dipermukaan itu makanan sering tertinggal.
  6. Di saat gigi geraham susu bayi mulai tumbuh, mulailah menggunakan sikat gigi khusus untuk anak-anak, pilihlah bahan yang lembut dan kepala sikat yang kecil.
  7. Selalu basahi sikat gigi dengan air dan jangan menggunkana pasta gigi.
  8. Periksa gigi anak ke dokter gigi, minimal 6 bulan setelah gigi susu pertama tumbuh, atau anak sudah berusia satu tahun.
  • Cara merawat gigi dan mulut bayi pada saat usia 13-24 bulan:
  1. Pada usia ini mulailah orang tua untuk memperkenalkan pasta gigi berfluoride, pastikan pilih pasta gigi yang kandungan fluoride rendah.
  2. Hal terpenting yang harus selalu di ingat adalah jangan membiarkan anak anda tidur sambil meminum susu dari botol, terkecuali air putih biasa.
  3. Gunakan pasta gigi seukuran sebutir biji jagung.
  4. Berikan kebiasaan anak anda menyikay gigi minimal dua kali sehari setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Gunakanlah sikat gigi khusus untuk anak-anak yang lembut dan kepala sikat yang kecil. Ganti sikat gigi minimal setiap tiga bulan sekali atau bulu sikat sudah mulai mekar.
  5. Sebagai orang tua jadilah teladan yang baik dengan memberikan contoh dalam hal menjaga kesehatan gigi dan mulut dan selalu lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi minimal setiap enam bulan sekali.

Biasakan anak anda untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan dan juga sayur-sayuran segar. Selalu awasi anak anda dalam mengkonsumsi makan-makanan yang manis-manis. Itulah Beberapa cara merawat gigi bayi yang dapat anda praktekkan dirumah. 

0 Response to "Cara Merawat Gigi Bayi"

Posting Komentar